Beranda

Kamis, 22 Desember 2011

Paradoks

Paradox. Mindblowing. Sesuatu yang tidak masuk akal tetapi kita memikirkannya dengan penuh usaha.
Menurut Wikipedia, paradoks adalah suatu situasi yang timbul dari sejumlah premis yang diakui kebenarannya yang bertolak dari suatu pernyataan dan akan tiba pada suatu konflik atau kontradiksi.
Istilah ini sudah ada dari zaman Renaisans, entah apakah orang zaman dahulu kurang kerjaan sampai menciptakan permainan rumit seperti ini, meskipun demikian bermain paradoks cukup menarik untuk melatih kemampuan logika anda.


Kalau dalam gambar, ada yang namanya Penrose Stair, diciptakan oleh ayah dan anak Lionel Penrose dan Roger Penrose pada tahun 1959. Bila kita lihat semata mengikuti alur 2 dimensi anak tangga tersebut, kita bisa menerima kalau tangga terus menurun (atau menaik tergantung sudut pandang). Namun hal tersebut tentu tidak masuk akal di dunia nyata sebab mana ada tangga yang menurun tapi posisinya lebih tinggi dari anak tangga sebelumnya.
  
Ini adalah contoh-contoh lain dari paradoks: 
(source: Brainden)
  • Your mission is not to accept the mission. Do you accept?
  • A girl goes into the past and kills her Grandmother. Since her Grandmother is dead, the girl was never born. If she were never born, she never killed her grandmother.
  • If the temperature this morning is 0 degrees and the Weather Channel says, "it will be twice as cold tomorrow", what will the temperature be?
  • Answer truthfully (yes or no) to the following question: Will the next word you say be 'no'?
  • What happens if you are in a car going the speed of light and you turn the headlights on?

Lumayan untuk menghilangkan stres

Tidak ada komentar:

Posting Komentar